Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

Terkini


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

INTAIKASUS.COM, (Padang) - Hobi dan minat seringkali memunculkan ide ataupun kreatifitas dari seseorang. Seperti halnya Dion Baizar, seorang remaja siswa kelas XI SMK Kartika 1.2 Padang Sumatera Barat yang juga mampu berkreasi tanpa biaya mahal. Ia berhasil merakit sebuah pesawat aeromodeling.

Hebatnya lagi, bahan pesawat aeromodeling buatannya tersebut memanfaatkan barang barang bekas karena statusnya yang masih pelajar dengan dana yang terbatas sehingga kreatifitasnyapun menjadi berkembang.

Berawal dari hobbinya bermain mobil RC (Remote Control) yang kemudian beralih ke pesawat RC. Namun karena pesawat RC mahal, maka timbul ide dari Dian Baizar untuk membuat pesawat RC sendiri. Akhirnya ia mencoba mencari info bagaimana cara membuatnya dengan belajar secara otodidak melalui internet untuk membuat pesawat aeromodeling. Kreatifitas yang dibuatnya mendapat dukungan dari pihak sekolah melalui bimbingan Guru Produktif TKJ, Zadri Hamid.

Danrem 032/Wbr mengecek kondisi Pesawat Aeromodeling
Hari-hari Dion Baizar selepas sekolah disibukkan dengan belajar membuat pesawat aeromodelling yang menjadi hobbynya. Setelah ilmu didapat Dian Baizar ternyata masih memiliki beberapa kendala yaitu bagaimana membuat bahan body pesawat aeromodelingnya.

“Alat elektroniknya sudah lengkap namun untuk membuat body pesawatnya masih kesulitan karena bahannya di Kota Padang tidak ada. Akhirnya saya mencoba berkreasi dengan memanfaatkan styrofoam bekas selain juga untuk menghemat biaya”, ungkap Dion.

Dion membuat pesawat aeromodelling ini dari bahan Styrofoam. Didalamnya dipasang serangkaian mesin sederhana yang terdiri dari motor penggerak dan alat penangkap sinyal yang berfungsi menerima perintah dari alat kendali yaitu Remote Control. Uniknya lagi, pesawat aeromodelling buatan Dion ini juga dilengkapi dengan tambahan kamera yang bisa terkoneksi langsung ke smartphone.

Saat uji coba Pesawat Aeromodeling, 
setelah melalui beberapa kali uji coba, akhirnya pada Senin (13/1/2020) kemarin pesawat aeromodeling hasil rakitan Dion inipun berhasil terbang dengan sukses yang disaksikan langsung oleh Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo selaku Pembina dari Yayasan Kartika yang membawahi dari SMK Kartika tempat Dion menimba ilmu.

Kreatifitas yang dilakukannya selama ini mendapat dukungan dan apresiasi yang sangat positif dari Danrem 032/Wirabraja, dimana selama ini selalu aktif mengangkat dan menggali potensi lokal yang ada di Sumbar. Sejalan dengan program yang dilakukan oleh Danrem tersebut maka Dion diminta untuk dapat mengembangkan lagi hasil karyanya.

“Pengembangan dari hasil karyanya tersebut akan digunakan di setiap Kodim jajaran Korem 032/Wirabraja dimana nantinya dapat mendukung kelancaran tugas pokok dari TNI AD khususnya aparat kewilayahan”, ujar Danrem. (Pen 032)
Leave A Reply