Select Menu

Slider

Travel

Performance

Cute

My Place

Liputan Khusus

Racing

Videos

» » Bantu Mengupas Jagung, Cara Babinsa Menjalin Keakraban Bersama Petani
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Views


INTAIKASUS.COM, (Sidikalang) - Babinsa Koramil 02/Sidikalang Serda Ibrahim Barus membantu mengupas jagung milik Ibu Juniarita Sembiring salah satu petani yang baru saja melaksanakan panen di Kel. Sidiangkat, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, Senin (31/5/2021).

Serda Ibrahim Barus mengatakan, Dengan membantu petani mengupas jagung ini, TNI dengan masyarakat semakin akrab dan tak hanya itu sambil mengupas jagung sambil bercerita, memberikan motivasi kepada masyarakat agar lebih gigih dan bersemangat, dalam becocok tanam agar meningkatkan hasil panen yang diinginkan.

Dalam percakapannya, Serda Ibrahim Barus menyampaikan bahwa dalam kondisi normal, budidaya tanaman jagung dapat dipanen kurang lebih pada usia sekitar 4 bulan (sekitar 120 hari). Pada usia ini nampak terlihat batang dan daun jagung mulai mengering.

“Ini menandakan bahwa jagung di dalam juga sudah mengering dan siap untuk dipanen. Cara memanen dapat dilakukan dengan cara manual atau pemacokan terhadap batang jagung atau dengan memetik jagungnya saja,” ujar Serda Ibrahim Barus.

Pemanenan secara manual memerlukan tenaga kerja yang banyak untuk memanennya. Setelah jagung dipanen kemudian dikupas satu persatu seperti sekarang ini lalu dijemur kembali sampai kering.

“Selanjutnya baru dipipil dengan mesin pemipil atau dengan tangan. Setelah jagung terpipil dijemur kembali agar benar-benar kering,” ucap Babinsa Kel. Sidiangkat.

Sementara itu, Ibu Juniarita Sembiring, selaku warga mengaku senang dengan keberadaan Babinsa yang pro-aktif mendatangi lahan para petani dan kerumah rumah para petani jagung, mengingat kegiatan tersebut secara tidak langsung dapat memberikan motivasi dan kendala yang jadi penghambat dalam bertani dapat dicarikan solusi oleh Pak Babinsa.

“Dengan seringnya kami berinteraksi semacam ini, kami menganggap Babinsa seperti bagian dari keluarga tidak ada batas sedikitpun antara tentara dengan petani kecil seperti kita ini, sehingga kami tidak sungkan apabila butuh bantuan dari Beliau,” tutur Ibu Juniarita Sembiring. (Pen023/KS)

Views
Share artikel ke: FACEBOOK{-----*Klikdisini

About Intaikasus

Situs Berita Online---www.intaiKASUS.com---Lugas,Kreatif&Terpercaya---Ph:0888-7614-075.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply