Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

Terkini


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page


INTAIKASUS.COM, (Medan) -  Yonkav 6/NK melaksanakan Latihan Menembak Senjata Kendaraan Tempur Tank AMX-13 Kanon Kal 105 mm dan Tank AMX-13 APC bertempat di daerah latihan Desa Suka Makmur Kec. Kutalimbaru Kab. Deli Serdang, Jum’at (25/6/2021).

Tank buatan Prancis ini masih mampu menunjukan taringnya sebagai Tank Tempur yang masih ditakuti lawan, akurasinya tepat sehingga dapat melumpuhkan lawan dalam sekejap. Latihan menembak senjata kendaraan tempur ini dilaksanakan selama 3 hari dimulai tanggal 22 s.d 24 Juni 2021 dengan menggunakan 3 unit Tank diantaranya 2 unit Tank AMX-13 Canon Kal 105 mm dan 1 unit Tank AMX-13 APC. 

Danyonkav 6/NK Letkol Kav Dani Prasetyo Wibowo, S.Sos memimpin langsung Latihan Menembak Senjata Ranpur yang dilaksanakan meliputi menembak senjata Kanon AMX-13 Kaliber 105 mm, Senjata Senapan Mesin Berat (SMB) Brownig 50. 

Penembakan dilaksanakan secara statis disesuaikan dengan jarak efektif dari masing-masing senjata dan medan latihan yang tersedia dimana sasaran Canon AMX-13 Kaliber 105 mm  ditempatkan pada jarak 2.500 meter dan Senapan Mesin Berat (SMB) pada jarak 700 meter.
 
Latihan menembak kali ini melibatkan seluruh personel dengan jabatan organik Tabaknon dan Tabak SMB yang ada di satuan saat ini sebanyak 50 personel petembak diantaranya 27 orang personel petembak Kanon dan 23 orang personel petembak SMB. 

Dalam latihan menembak tersebut Danyonkav 6/NK menyampaikan bahwa, Ranpur yang dioperasikan seluruh satuan Kavaleri diantaranya Ranpur Tank AMX-13 Kanon Kaliber 105 mm yang memiliki beberapa kekhususan dalam pelaksanaan penembakan senjata Ranpur yang terdapat pada Ranpur tersebut. Berbeda dengan Ranpur Tank ataupun APC roda rantai, Ranpur Tank AMX 13 Canon Kaliber 105 mm memiliki 1 buah kubah senjata (weapon turret).
 

Kegiatan latihan ini bertujuan untuk, memelihara dan meningkatkan kemampuan petembak senjata Ranpur ataupun senjata berat, agar semua personel petembak di satuan Yonkav 6/NK dapat mendukung pelaksanaan tugas pokok satuan khususnya Kodam I/BB terlebih lagi umumnya dapat mendukung tugas pokok TNI AD di masa-masa yang akan datang.

Kemudian, diakhir kegiatan latihan menembak senjata Ranpur Danyonkav 6/NK Letkol Kav Dani Prasetyo Wibowo, S.Sos melaksanakan Bakti Sosial kepada Warga Desa Suka Makmur Kec. Kutalimbaru berupa pemberian  paket sembako kepada masyarakat di daerah Latihan Desa Makmur Kec. Kutalimbaru. 

Masyarakat sekitar sangat antusias dan merasa bangga dapat merasakan kedekatan bersama TNI khususnya Yonkav 6/NK. Dimana kegiatan ini dilakukan karena TNI sendiri adalah milik Rakyat. Salah satu wujud pertanggungjawaban TNI kepada Rakyat salah satunya melalui program ini, memperkenalkan salah satu Alutsista TNI AD khususnya Yonkav 6/NK yang berada di wilayah Kodam I/BB, dalam kegiatan Bakti Sosial kali ini bertujuan untuk mempererat kebersamaan dan tali silaturahmi antar sesama masyarakat sehingga kedepannya kegiatan ini dapat kita lestarikan sehingga terwujudnya “Profesionalisme Prajurit Kavaleri Untuk Mengabdi dan Membangun Bersama Rakyat“. (Rel/Rina)
Leave A Reply