Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

Terkini


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

INTAIKASUS.COM, (BANGUN PURBA) - Satgas TMMD ke-111 Kodim 0204/DS menggelar kegiatan Penyuluhan Tanggap Bencana di Kantor Desa Mabar, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Deliserdang, Sabtu (3/7/2021). Kegiatan sasaran non fisik TMMD Kodim 0204/DS itu dilakukan dengan menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Deliserdang.

Sebagai pemateri, Kepala Pelaksana BPBD Deliserdang Drs Zainal Abidin Hutagalung M. Ap memaparkan pentingnya melakukan edukasi ke masyarakat. 
"Penyuluhan ini bertujuan untuk memberikan edukasi agar masyarakat memiliki kesiapan saat menghadapi bencana yang sewaktu-waktu datang tanpa diduga," katanya.

Selain memiliki kesiapan, melalui kegiatan penyuluhan ini juga diharapkan masyarakat juga memiliki keterampilan dalan menangani bencana.

Menurut Zainal Abidin, masyarakat harus memahami manajemen kebencanaan yang diawali dengan tahap pra bencana, tanggap darurat dan pasca bencana.

Untuk itu, Zainal Abidin mendorong pihak Desa Mabar dan desa-desa lainnya di Kecamatan Bangun Purba untuk membentuk relawan siap siaga bencana. 

Pasalnya, dengan manajemen yang baik, maka jika terjadi bencana maka dapat meminimalisir korban dan semua bisa ditangani dengan baik. 

Pembentukan organisasi tanggap bencana di desa-desa terutama yang mengalami bencana alam, diharapkan saat terjadi bencana alam maka masyarakat yang menjadi relawan sudah mengetahui tugasnya masing-masing. 

Salah satu contoh adalah relawan yang ditugaskan di bagian dapur umum, evakuasi, pendirian tenda, pengamanan desa dan jalur evakuasi.
“Dengan manajemen yang baik pula maka penanganan bencana dapat cepat, tepat, dan ringan, karena para relawan paham masing-masing tugasnya,” tegasnya.

Menurut Zainal Abidin, bencana bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, namun juga tanggung jawab semua pihak termasuk masyarakat. Oleh karena itu, kesiapsiagaan akan berjalan lancar jika pelatihan penanggulangan bencana secara periodik dilakukan. (Kodim 0204/DS)
Leave A Reply