Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

Terkini


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

 

INTAUKASUS.COM, (BANGUN PURBA) - Untuk menjaga kebersihan lingkungan, Satgas TMMD ke-111 Kodim 0204/DS melakukan edukasi kepada warga untuk bijak mengelola sampah. Edukasi itu dilakukan melalui penyuluhan Lingkungan Hidup di Kantor Camat Bangun Purba, Kamis (1/7/2021).

Dalam kesempatan itu bertindak sebagai narasumber Rival Silalahi didampingi Camat Bangun Purba dan konsultan sampah dan duta masyarakat serta duta kebersihan.

Melalui penyuluhan itu, dilakukan simulasi tentang pemanfaatan sampah plastik yang bisa mendatangkan keuntungan bagi warga jika dikelola secara bijak. Juga dibicarakan tentang bank sampah.

Menurut Rivan Silalahi, sampah tidak akan menjadi masalah jika pengelolaannya dilakukan secara bijak.
"Jika selama ini sampah selalu menjadi persoalan karena sangat mengganggu lingkungan, ternyata memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Sampah plastik bisa didaur ulang dan menghasilkan uang. Pun begitu dengan sampah organik bisa didaur ulang menjadi pupuk," ujarnya.
Untuk itu, Rivan mengajak warga Bangun Purba untuk mendirikan bank sampah dengan cara membelinya dari warga. Terutama sampah plastik, jika rajin mengumpulkannya bisa dijual untuk didaur ulang.

Sementara itu, Perwira Pengawas (Pawas) TMMD Kodim 0204/DS Kapten Inf Sucipto mengajak warga untuk memilah dan memilih antara sampah organik dan non organik. 

"Jadi kalau selama ini kita selalu terganggu dengan sampah, mulai sekarang mari kita mengelolanya secara bijak. Di setiap rumah warga hendaknya memilah sampah non organik seperti plastik dan sampah organik. Tempatkan pada tempat berbeda. Sampah plastik bisa dijual dan sampah non organik bisa dijadikan pupuk," ujarnya. (Kodim 0204/DS)
Leave A Reply