Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

Terkini


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

 



INTAIKASUS.COM, (Babinsa Koramil 06/Kp Dalam Kopda Rudi Afriko, melaksanakan komsos kepada warga binaannya, yaitu melakukan pengecekan Harga pinang masyarakat di Korong Durian Gaduang Nagari Sikucua Timur, Kec. V Koto Kampung Dalam, Kamis (09/12/2021).


Pak edi sebagai Petani Pinang mengatakan kepada Babinsa Praka Rudi Afriko, "untuk sementara waktu Harga kami  jual ke Toke dengan harga Rp.13.000 yang Kering".

Sebagai petani mengatakan pada saat ini harga pinang turun dari pada biasanya petani menjual kepada toke pinang, sehingga pak Edi berharap harga pinang bisa bertambah, agar bisa bertahan utk kelangsungan hidup pada masa pandemi ini.

" Untuk saat ini pada masa situasi covid dan PPKM komoditi pinang cukup membantu ekonomi warga sehingga kami bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari dan membiayai pendidikan anak sekolah", ungkap buk Mursina disela-sela pembicaraan.

Pak Edi menjelaskan," Pohon pinang mulai dari penanaman bibit sampai masa panen jangka waktunya lebih kurang 4 tahun dengan jarak perpohon 3x3 meter, satu pohon pinang apabila diberi pupuk dan terawat dengan baik bisa menghasilkan lebih dari 1 kg/bulan, maka apabila ada lahan yang cukup luas bisa menanam banyak pohon pinang dan hasil yang didapat tentu menguntungkan kepada warga yabg memiliki lahan pohon pinang," katanya.

Sambil melakukan komunikasi, Kopda Rudi Afriko membantu warga membelah buah pinang yang ternyata tidak susah dan sekaligus menjemurnya ke halaman rumah warga, pinang basah apabila sudah kering beratnya berkurang 2 ons sampai 3 ons perkilonya.

Tanaman pinang diwilayah nagari Sikucur Timur khususnya merupakan salah satu pemasukan hasil pendapatan warga masyarakat setiap bulannya disamping hasil tanaman komoditi yg lain seperti kelapa, kulit manis, nangka dan lain - lain.

Babinsa juga menyampaikan kepada masyarakat, untuk Selalu Menerapkan Prokes kemana pun berada, sehingga kita Terhindar dari Penyebaran wabah virus corona dan laksanakan vaksinasi kepada masyarakat yang belum melaksanakan ini adalah upaya pemerintah agar rakyatnya selalu sehat.
 
"Semoga kita sama memohon dan meminta perlindungan kepada Allah Swt, agar Wabah ini selesai dan Semoga hasil panen pinang meni giat serta harga bisa bertambah terus," ucap Kopda Rudi Afriko mengakhiri. 
(BBS MIL 06 RDA)
Leave A Reply