Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

Terkini


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

 


JAKARTA, IK - Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PP.PTMSI) Komjen Pol (Purn) Oegroseno siap maju sebagai calon Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia KOI) masa bhakti 2023-2027.


Kesiapan Oegroseno untuk maju sebagai calon Ketua Umum KOI Itu dilandasi oleh keinginan kuat untuk menjadikan KOI itu ibarat rumah kita bersama.


"Jadi Saya ingin menjadikan KOI itu rumah kita bersama, tidak ada yang harus ekslusif. Semua cabang olahraga (cabor) yang menjadi anggota KOI punya hak dan kewajiban yang sama,"kata Oegroseno yang telah memimpin PP.PTMSI sejak tahun 2013 itu.


PP.PTMSI pimpinan Oegroseno sudah menjadi anggota KOI sejak KOI diketuai oleh Rita Subowo kemudian dilanjutkan Erick Thohir hingga Raja Sapta Oktohari.


Mantan Wakapolri itu menilai bahwa KOI mempunyai peran penting dan sentral serta independen sebagai representasi International Olympic Committe (IOC) sehingga sewajarnya mempunyai kedudukan yang sama dan sejajar dengan lembaga pemerintah lainnya di tingkat Kementerian atau lembaga negara dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden RI.


KOI juga lanjut Oegroseno, sebagai penanggung jawab kejuaraan olahraga multi event di tingkat internasional seperti Olimpiade, Asian Games, SEA Games mempunyai tanggung jawab yang besar kepada semua induk organisasi cabang olahraga di Indonesia yang telah menjadi Anggota Federasi Olahraga Internasional sesuai dengan PP Nomor 16 Tahun 2007 pasal 47 ayat (1), (2), (3), (4).


"Apabila terjadi dualisme kepengurusan induk organisasi cabang olahraga di Indonesia, KOI harus berperan sebagai saksi ahli yang dapat memberikan penjelasan kepada pemerintah tentang induk organisasi cabang olahraga di Indonesia yang sah berdasarkan UU Nomor 11 Tahun 2022 tentang penyelenggaraan Keolahragaan dan diakui oleh Federasi Olahraga Internasional," tambah Wakil Presiden SEATTA (Asosiasi Tenis Meja Asia Tenggara) itu.


Menyinggung soal pembinaan prestasi olahraga Indonesia, menurut Oegroseno, Ketua Umum KOI harus mampu meyakinkan pemerintah melalui Menpora RI tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang harus melibatkan pembinaan seluruh cabang olahraga.


Oegroseno kemudian memberikan contoh even SEA Games yang dilaksanakan dua (2) tahun sekali wajib diikuti oleh semua cabor di Indonesia yang sah. 


Karena even SEA Games merupakan ajang mengukur kemampuan dan kesetaraan prestasi atlet di kawasan Asia Tenggara sebelum maju melangkah pada level lebih tinggi seperti Asian Games dan Olimpiade.


Oegroseno secara jujur mengakui bahwa prestasi yang telah dicapai oleh KOI selama ini merupakan prestasi yang telah dicapai oleh tokoh yang luar biasa sehingga kepemimpinan KOI ke depan harus mampu melakukan perubahan untuk melanjutkan pencapaian prestasi itu.


Kongres KOI itu sendiri menurut rencana akan digelar Juni 2023 mendatang, dipercepat dari jadwal sebelumnya.


Masa kepengurusan KOI pimpinan Raja Sapta Oktohari akan berakhir Oktober 2023.


Dengan demikian Oegroseno merupakan orang pertama yang mendeklarasikan diri sebagai calon Ketua Umum KOI periode 2023-2027. (Rel)

Leave A Reply