Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

Terkini


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

INTAIKASUS.COM - (Teluk Mengkudu), Babinsa Koramil 09/Teluk Mengkudu, Kodim 0204/Deliserdang, Serda Hasnan membantu penggunakan hand tractor di lahan milik petani bernama Utuh di Desa Pematang Gunung, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdangbedagai, Selasa (26/6/2018).

"Pendampingan menggunakan hand tractor di lahan anggota Poktan Paung Pugak ini untuk memudahkan pekerjaan mengolah sawah, sehingga petani tidak kesulitan dan bisa cepat melakukan penanaman bibit padi," kata Serda Hasnan disela-sela kegiatannya.

Dijelaskannya, penggunaan hand tractor juga bertujuan untuk mempercepat proses tanam di musim tanam berikutnya. Karena saat ini sebagian wilayah di Kabupaten Serdangberdagai sudah memasuki masa olah lahan, setelah beberapa hari yang lalu berlangsung masa panen padi.

Serda Hasnan mengungkapkan, pengolahan sawah menggunakan hand traktor adalah cara pengolahan yang dapat membantu petani dengan cepat. Dengan alat pertanian modern ini pula tanah menjadi subur. Karena lapisan tanah bagian atas yang semula keras, setelah di bajak menjadi gembur serta melumpur.

"Keuntungan yang di dapat selama masa pengolahan tanah yaitu, gulma mati yang kemudian akan membusuk menjadi humus sehingga dapat menyuburkan tanaman," jelasnya.

Di kesempatan itu, Serda Hasnan tidak hanya membantu membajak sawah, tetapi ikut pula melakukan perbaikan dan pengaturan pematang sawah serta selokan.

"Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pengolahan lahan untuk persiapan tanam padi pada awal bulan Juli setelah pengolahan lahan sawah ini selesai," ujarnya.

Serda Hasnan berharap, pengolahan lahan menggunakan hand traktor ini tidak saja akan memudahkan petani merawat tanamannya, tetapi akhirnya dapat menghasilkan panen lebih baik, sehingga kebutuhan pangan dapat terpenuhi dan bahkan dengan meningkatnya hasil panen akan mendukung program pemerintah tentang ketahanan pangan nasional. (Penrem 022/Rn)
Leave A Reply