Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

Terkini


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

 

INTAIKASUS.COM, (Pancurbatu) - Dalam upaya pencegahan dan pengendalian Covid 19 di Pancur Batu, Kecamatan Pancurbatu Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, Polsek Pancurbatu gelar Kegiatan Swab Antigen yang dilakukan oleh Muspika Plus Pancurbatu bekerjasama dengan Tenaga Kesehatan dari Puskesmas (Tuntungan dan Gunung Tinggi) serta RSU di Pasar Pancurbatu Jln. Jend. Jamin Ginting Km.17 Kecamatan Pancurbatu Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu (31/07/2021) sekira pukul 09.00 Wib hingga pukul 11.30 Wib.

Dalam rangka PPKM Level-3 sesuai Inmendagri nomor 26 tahun 2021 tanggal 25 Juli 2021, Instruksi Gubernur Nomor 188.54/31/INST/2021 tanggal 26 Juli 2021 dan Instruksi Bupati Deli Serdang Nomor : 440/ 2515 tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3 dan mengoptimalkan posko penanganan Corona Virus Disease 2019 di tingkat desa dan kelurahan untuk pengendalian penyebaran Corona Virus Disease 2019.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Camat Pancurbatu selanjutnya arahan (pembagian tugas) oleh Kapolsek serta Danramil yaitu personel yang ada dibagi menjadi 5 team (masing – masing team merupakan gabungan dari seluruh instansi) di dua lokasi yang berbeda yaitu lokasi I di Jln. Besi Desa Lama Kecamatan Pancurbatu pelaksana team 1 dan 2 sedangkan lokasi II di kantor Dishub Jln. Jamin Ginting Km.17 sebagai pelaksana adalah team 3,4 dan 5.

Kemudian tekhnis pelaksanaan kegiatan masing – masing team menyebar di lokasi pasar dan apabila menemukan masyarakat yang tidak menggunakan masker selanjutnya dibawa untuk dilakukan SWAB Antigen ke masing – masing lokasi (baik I maupun II).

Apabila hasil Swab didapatkan ada yang reaktif akan ditangani lanjut oleh team dari Tenaga Kesehatan dan pelaksanaan kegiatan bersifat persuasif dan humanis dalam pelaksanaannya.

Adapun maksud dalam pelaksanaan SWAB Antigen adalah melakukan pemeriksaan terhadap masyarakat yang tidak menggunakan masker datang berkunjung ke Pasar Pancurbatu yang dimungkinkan merupakan OTG (orang tanpa gejala) sehingga dapat menularkan virus Covid 19 kepada masyarakat lainnnya serta dalam rangka menindak lanjuti instruksi dari (Mendagri, Gubernur Sumatera Utara dan Bupati Deli Serdang).

Tujuan dalam pelaksanaan kegiatan adalah mencegah penyebaran Covid 19 diwilayah Deli Serdang khususnya Kecamatan Pancurbatu sehingga yang saat ini berada pada level 3 dapat menurun.

Sekira pukul 09.30 Wib, kegiatan dimulai dan dilakulan SWAB Antigen terhadap 105 orang masyarakat dengan rincian lokasi I sebanyak 58 orang dan lokasi II sebanyak 47 orang.

Dari pelaksanaan kegiatan SWAB ANTIGEN terhadap 105 orang didapat hasil 3 (tiga) orang reaktif yakin dari Lokasi I dilaksanakan SWAB terhadap 58 orang ada 2 (dua) orang yang reaktif dengan inisial R (17) status pelajar warga Dusun IV Desa Tengah Kecamatan Pancur Batu dan RA (24) warga Jalan Karya Dusun 2 desa Baru sedangkan di Lokasi ke II dilaksanakan SWAB terhadap 47 orang ada 1 (satu) orang ditemukan yang reaktif dengan inisial YP (24) warga Dusun II A Desa Baru Kecamatan Pancur Batu.

Upaya yang dilakukan terhadap 3 (tiga) orang yang reaktif langsung ditangani oleh Tenaga Kesehatan dan dibawa ke RSU Pancurbatu untuk melaksanakan SWAB PCR dan selanjutnya diserahkan ke satgas masing masing desa sesuai domisili untuk isolasi mandiri dengan pengawasan satgas Covid Desa sambil menunggu hasil pemeriksaan SWAB PCR dari Laboratorium USU.

Kegiatan ini dihadiri 20 personel Polsek Pancurbatu dipimpin Kapolsek Pancurbatu Kompol Dedy Dharma, S.H, 35 personel Kecamatan Pancurbatu dipimpin oleh Camat Sandra Dewi Situmorang, S.STP., M.si, 23 personel dari Koramil 0201/14 PB dipimpin oleh Danramil Kapten INF Sabur Utomo, 12 personel dari Tenaga Kesehatan dipimpin oleh dr. Dameria Ginting, M.KT dan dr. Hidayat, 15 personel dari Desa Lama Kecamatan Pancurbatu dipimpin oleh Kades Nizar L. Tarigan dan 2 personel Kejaksaan Negeri DS cabang Pancurbatu. (Rn)

Leave A Reply