Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

Terkini


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

 



PARIAMAN, IK - Akibat curah hujan yang cukup tinggi melanda wilayah Padang Pariaman, Sumatera Barat dari tadi malam sampai pagi ini, mengakibatkan beberapa perumahan warga terendam banjir akibat luapan air sungai Batang Tapakis wilayah Toboh Gadang Timur Korong Toboh Baru Toboh Gadang, Kecamatan Sintoga,  Kabupaten Padang Pariaman, yang tidak bisa menampung debit air sehingga meluap ke perumahan warga, Sabtu (18/13/2021).


Selain menghantam pemukiman warga, banjir juga menghancurkan beberapa peternakan ayam dan lembu diwilayah Koramil 05/Lubuk Alung Kodim 0308/Pariaman.

Guna membantu warganya yang terdampak banjir, Danramil 05/Lubuk Alung Kapten Arm Azral Koto langsung turun tangan memerintahkan seluruh personelnya bantu warga dan mengevakuasi hewan ternak yang mati akibat banjir.

Menindaklanjuti perintah tersebut, Babinsa Serda Topitman terjun langsung ke lokasi bersama badan musyawarah nagari (BAMUS) bapak Jon Kenedi, yang rumahnya juga terendam banjir.

Melihat situasi air semakin naik Babinsa bersama beberapa warga yang juga ikut membantu dalam kejadian ini langsung mengevakuasi warga dan anak-anak.

"Diperkirakan ada sekitar 18 rumah yang terendam banjir di wilayah Nagari Toboh Timur, Korong Toboh Baru Toboh Gadang, Kecamatan Sintoga Kabupaten Padang Pariaman," ungkap Danramil.

Selain disini, kata Danramil, diwilayah lain di Padang Pariaman juga banyak rumah warga terendam banjir.

Ada pun kerugian masyarakat, untuk korban nihil, hanya ada salah satu warga kita mengalami kerugian ternaknya banyak mati yakni bapak Buyung Zini (52) 

Danramil 05/ lubuk Alung Kapten Arm Azral  mengatakan kepada awak media ini, “curah hujan yang tinggi mulai dari malam hingga pagi ini mengakibatkan aliran anak sungai dan parit meluap menggenangi rumah warga, ketinggiannya diperkirakan antara 70 cm dan Alhamdulilah tidak ada korban jiwa sampai siang ini, ” katanya

Telah kita instruksikan kepada seluruh Babinsa Koramil 05/Lubuk Alung untuk tetap siap dan siaga dalam mengantisipasi hujan dengan curah yang tinggi terjadi lagi.

"Untuk saat ini kondisi banjir sudah surut seiring dengan berhentinya hujan dan kegiatan warga di bantu personel Babinsa membersihkan rumah-rumah warga dan mengevakuasi para lansia yang ada beberapa terjebak tidak bisa berjalan," tandas Danramil. (Kodim 0308/Prm)

Leave A Reply