Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

Terkini


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

 



Lubuk Alung, IK - Cinta tanah air merupakan perasaan yang harus dimiliki dan menjadi bagian dari setiap individu untuk negara dan bangsanya.


Semangat cinta tanah air harus ditanamkan sejak dini, terlebih anak-anak sebagai generasi penerus bangsa, sehingga sejak dini, anak-anak sudah mengenal Indonesia dan memiliki rasa cinta pada bangsa dan negaranya.

Bagi sebagian orang, menumbuhkan semangat cinta tanah air bukan sesuatu yang sangat sulit untuk dilakukan. Menuntut ilmu dan belajar bersungguh-sungguh, tidak menyebarkan berita bohong (hoax), menjaga lingkungan adalah contoh-contoh kecil sikap cinta tanah air yang dilakukan tanpa kita disadari.

Semangat cinta tanah air paling efektif diberikan kepada anak-anak usia dini atau murid-murid SLTA karena lebih fokus dan belum terkontaminasi dengan informasi dan hal-hal yang dapat menyesatkan nya.

Selain melalui lagu-lagu kebangsaan sesaat sebelum masuk kelas, memperkenalkan cinta tanah air dapat dilakukan dengan perbuatan kecil dan ringan seperti ucapan pemberian salam. Salam murid dengan murid maupun salam dengan para guru-gurunya.

Menyapa dan mengucapkan salam kepada orang lain adalah perilaku terpuji yang dianjurkan oleh semua agama. Karena itu dalam berbagai tradisi keagamaan, salam adalah bagian penting. 

Akhir-akhir ini banyak kita mendengar tentang gerakan menggaungkan salam Pancasila. Banyak juga diantara kita yang belum memahami ataupun mengerti tentang salam Pancasila.

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggaungkan salam Pancasila sebagai sebuah salam kebangsaan untuk menghormati semua warga negara Republik Indonesia dari berbagai latar belakang agama, bukan untuk mengganti salam keagamaan.

Untuk menggaungkan dan mempopulerkannya, Babinsa Koramil 05/Lubuk Alung Sertu Joni Iswandi memperkenalkan salam Pancasila kepada murid-murid SMA Negeri 1 Lubuk Alung Nagari Lubuk Alung, Kec. Lubuk Alung, Selasa (01/03/2022).

Menurutnya, salam Pancasila sebagai salam kebangsaan ini diberikan agar dapat dipahami bahwa ditengah keragaman tradisi salam di berbagai agama dan budaya Indonesia, penting untuk memiliki tradisi salam yang melintasi batas-batas kultural demi memperkokoh persatuan bangsa.

"Sikap cinta tanah air yang dimiliki oleh setiap individu dapat tercermin dari perilaku untuk membela dan melindungi tanah airnya, rela berkorban demi kepentingan bangsa, mencintai adat, budaya serta lingkungan. Oleh sebab itu, semangat cinta tanah air hendaknya harus terus ditumbuhkan secara bersama-sama," tambahnya. (Pendim0308)
Leave A Reply