Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

Terkini


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

 


Medan, IK - Ketua Dewan Pembina Gerakan Masyarakat Berwirausaha (Gemawira) Sumut, H Rahudman Harahap meminta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga S Uno untuk membantu membangkitkan martabat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Sumut. Hal itu disampaikan Rahudman ketika bersama Sandiaga Uno dalam acara Silaturahmi Gemawira Sumut di Pendopo Khadijah, Medan, Selasa (20/9). 


Rahudman juga menyampaikan,  sesuai dengan program Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, sektor UMKM harus mendapatkan prioritas di Sumut. "Maka itu kita berharap agar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dapat memberikan perhatian pada UMKM di Sumut. Ini agar kita dapat membangkitkan sektor UMKM menjadi sektor yang bermartabat," kata Rahudman kepada wartawan. 


Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga S Uno dalam sambutannya meminta pelaku UMKM dan ekonomi kreatif harus bergerak cepat. Menparekraf Sandiaga juga menjelaskan strategi Kemenparekraf, yaitu Strategi 3G. Pertama, Gercep atau Gerak Cepat. Kedua Geber, yakni Gerak Bersama. 


"Gerak Cepat saja tidak cukup, dibutuhkan Gerak Bersama dengan merangkul semua pihak. Ketiga, Gaspol yaitu Garap Semua Potensi Lapangan Usaha. Semua potensi lapangan harus digarap, mulai dari program desa wisata, kata kreatif, apresiasi kreasi Indonesia, dan santri digital preneurship," kata Sandiaga. 


Sandiaga juga menyebutkan pemerintah menargetkan terciptanya 4,4 juta lapangan kerja oleh para UMKM di Parekraf (Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) tahun 2024. 


Acara yang dihadiri oleh ratusan pemilik UMKM juga diisi dengan endorsement dari Menparekraf Sandiaga kepada tiap UMKM. Roni Suhreza, pemilik Warung Royal Dimsum mengaku senang dengan endorsement dari Menparekraf. "Setidaknya ini akan mampu menaikkan kepercayaan pasar pada produk dan brand kita," kata Roni. 


Ketua Gemawira Sumut, Latifah Hanum Harahap menyebutkan selain melakukan silaturahmi dengan Mempererat Sandiaga Uno, pihaknya juga menyiapkan stand bazar produk-produk UMKM di Sumut. Kegiatan ini juga diisi pelatihan kewirausahaan yang diisi oleh motivator wirausaha, Hj Rita Wizni yang merupakan owner Indah Traso Batu Alam. Sebagai pengusaha sukses serta Ketua Dewan Pembina Gemawira Kota Medan, Hj Rita Wizni meminta para pelaku UMKM tidak cepat menyerah dalam menjalankan usahanya. (Red)

Leave A Reply