Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

Terkini


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

 



Medan, IK - Untuk mencapai kesempurnaan Amalan dan ibadah dalam kehidupan sehari-hari, umat Islam harus ada keseimbangan, antara hubungan kita dengan Allah dan hubungan kita dengan sesama manusia ciptaan Allah Subhanallah Wata'allah, "Hablum Minallah, Hablum Minannas".


Hal ini disampaikan Panglima Komando Daerah Militer I Bukit Barisan Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin SE, MSi saat melaksanakan Safari Subuh berjama'ah ke-23 bersama tim Safari Subuh Arafah Sumut di Mesjid Taqwa Jalan Sekata, Tanjung Gusta, Medan Helvetia, Minggu (06/11/2022). 


Dikatakan Pangdam I/BB bahwa keseimbangan itu tersirat dalam dua kalimah Syahadat, juga ada di dalam penutupan gerakan Sholat, Asalamualaikum ke kanan dan Asalamualaikum ke kiri, inilah yang harus kita laksanakan dan dipahami. 


Pangdam juga menyebutkan sewaktu Bulan Ramadhan, umat Islam wajib berpuasa dan di akhir bulan puasa untuk menyempurnakan Ibadah maka kita wajib mengeluarkan Zakat Fitrah kepada Kaum. Dhuafa, Yatim dan golongan orang yang tak mampu. 


Tidak hanya itu, Umat Islam wajib memakmurkan Masjid, hal ini terlihat saat kunjungannya ke salah satu Masjid Jawa Tengah, ternyata Masjid bisa memakmurkan umat dengan mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk berkembang, ucap Mayjen Achmad Daniel Chardin. 


"Inilah indahnya Islam, Masjid Makmur, Warga Sejahtera dan Usaha ekonomi UMKM bisa maju dan dapat mengeluarkan Zakat, Infaq dan Sadaqah itu kembali disalurkan kembali kepada yang membutuhkannya," ungkap Jenderal abituren 1990.


Di Kodam I/BB, lanjut Pangdam I/BB, telah ada Laznas, lembaga amil zakat ini terbentuk untuk mengumpulkan zakat para prajurit untuk membina kelompok Tani menanam padi organik sehingga bisa membantu Pemerintah dalam mendorong ketahanan pangan Nasional yang berada di wilayah Kodam I/BB.


"Sebagai wujud syukur atas nikmat dan anugerah Allah SWT berikan maka Umat Islam wajib memakmurkan Masjid dan Masyarakat sehingga terwujudnya Negeri Subur dan makmur, "Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghafur", pungkas Pangdam. 


Dalam Safari Subuh bersama Pangsam I/BB juga diisi Tausiyah Ustadz Dr H. Hasrat Samosir, MA dan turut hadir Kapok Sahli Kodam I/BB Brigjen Djasri Djamil, Wakabintaljarah Kodam I/BB Letkol Inf Ahmad Saidi Harahap, Komisaris RSU Bidadari Binjai - Langkat H. Nur Abu Bakar, Kabasarnas Sumut Budiono, Prof. Irwan Efendi , Ustadz H.Amhar Nasution, MA, Ustadz KH.Zulfiqar Hajar, LC, Ketua BM3 Sumut H.Syahrudin Ali, PC Muhammadiyah Kec. Helvetia Zulhelmi Koto.


Turut juga, Tim Safari Subuh Arafah Sumut, M.Iqbal Parinduri, Edo Ritonga, Joharis Lubis, Ketua Yayasan Bukit Barisan, Dompet Duafa Waspada Sumut, Kacab BSI Adam Malik Medan, Kacab Pembantu BRI Sei Batang Hari Medan dan Tim Jemaahh SSAS Medan - Aceh. (Rina/ Rel)

Leave A Reply