Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

Terkini


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

 



Medan, IK - Panglima Komando Daerah Militer I Bukit Barisan atau Pangdam I/BB Mayjen TNI Ahmad Daniel Chardin SE, MSi, kembali melaksanakan kegiatan safari subuh ke masjid-masjid Kota Medan, bersama Tim safari subuh Arafah Sumatera Utara. 


Kegiatan safari subuh tersebut merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh Pangdam I Bukit Barisan bersama tim Safari Subuh Arafah Sumut dengan tujuan untuk menjalin silaturahmi dengan masyarakat. Hal ini disampaikan Pangdam I/BB kegiatan kali ini dihelat di Masjid Muslimin Johor City (JCity), Medan, Minggu (15/1/2023).


Dikatakan Pangdam I/BB bahwa pelaksanaan Safari Subuh ini sebagai wadah untuk bersilaturahmi bersama Umat Islam. Karena, dengan silaturahmi bisa menjadi kekuatan Umat Islam. Dengan silaturahmi yang dilakukan pastinya akan menambah terbukanya pintu rezeki kita dan juga akan memperpanjang Umur kita,” ujarnya.


Untuk itu, Kata Pangdam I/BB, ia mengajak umat muslim agar bisa merubah pola pikiran atau mindset positif bahwa masjid adalah tempat ibadah yang aman dan nyaman. Mulai dari kotak amal yang tidak digembok adalah salah satu contoh yang katakan oleh Pangdam I/BB. 


“Harusnya tidak perlu lagi digembok di masjid. Jadi kita contohkan dari yang kecil-kecil bahwa masjid adalah tempat aman dan jujur sehingga nggk perlu lagi digembok kotak amalnya,” kata Pangdam I/BB.


Kemudian, menyinggung soal kebersihan, Pangdam I/BB berharap para pengurus Mesjid agar dapat menyediakan sandal umat untuk berwudhu saat kamar mandi. 


“Jangan salah kaprah dengan menulis di pintu kamar mandi tulisan batas suci, padahal kamar mandi adalah tempat basah yang kemungkinan banyak bakteri, maka km seharusnya disiapkan sandal untuk masuk ke kamar mandi,” tambahnya.


Dulu kita harus bisa memakmurkan Mesjid, namun sekarang sudah saatnya Mesjid harus bisa memakmurkan para jamaah yang berada disekitar masjid dengan mengadakan kegiatan sosial, membantu masyarakat sekitar yang membutuhkan dengan harapan tidak adalagi jama’ah masjid dan warga sekitarnya yang kelaparan dan kekurangan makanan,” tutupnya Pangdam I/BB


Sementara itu, Ketua BKM Masjid Muslimin J CITY Mahdi Djafar menyambut rombongan Pangdam I/BB dan Tim Safari Arafah Sumut serta berterima kasih karena sudah memilih masjid Muslimin J City tersebut untuk dijadikan lokasi safari Subuh Berjama'ah. 


Selamat datang bapak Pangdam I Bukit Barisan beserta rombongan tim safari subuh Arafah Sumut di Masjid Muslimin JCity ini, kami sangat bangga dan bahagia atas kehadiran Pangdam I/BB, ucapnya. 


";Semoga dengan kehadiran dalam Shalat Subuh Berjama'ah ini bisa menjadi penyemangat bagi kami untuk menjadikan masjid ini sebagai sumber peradaban Islam dengan kegiatan-kegiatan keagamaan dan sosial. Do’a kami semoga Bapak  selalu diberikan kesehatan dan diberikan kesuksesan dalam karirnya”, kata Ketua BKM Masjid Muslimin J City Mahdi Djafar. 


Kegiatan pun diakhiri dengan Tausiyah  agama dan Do’a yang disampaikan Buya KH. Amiruddin, MS, menyampaikan tentang dwi fungsi Insani yakni sebagai Hamba Allah dan sebagai Khalifah Allah. 


“Sebagai contoh sebagaimana yang dilakukan Oleh Rasulullah SAW. Bisa kita pahami dari Al-Qur’an dan Hadist agar Ummat Islam bisa menjadi Rahmatan Lil Alamin dengan taat beribadah kepada Allah akan menjadikan tenteram di hati dan damai, akan mewujudkan bumi yang aman dan damai," jelasnya.


Turut Hadir pada safari subuh tersebut, Kainfolahtadam Kolonel Arh. Toto Raharjo, Wakabintaljarahdam Letkol Inf. Ahmad Saidi Harahap, Kabasarnas Medan Budiono, Komisaris RS. Putri Bidadari Nur Abu Bakar, Ustadz Dr. Amhar Nasution, Kepala TVRI Sumut Tachrizal, Tim Safari Subuh Arafah Sumut dan para Pengurus beserta jemaah Masjid Muslimin J. City Medan.

Leave A Reply