Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

Terkini


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

INTAIKASUS.COM - Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi melakukan pencanangan TNI Manunggal KB Kesehatan Kota Medan tahun 2016 di Rumah Sakil Angkatan Laut Komang Makes Belawan, Selasa (23/8). Program yang dilakukan rutin setiap tahunnya ini dinilai cukup penting karena mampu mengendalikan pertumbuhan penduduk, sekaligus memberikan kontribusi  bagi masyarakat, terutama keluarga prasejahtera.

Untuk tahun ini pencanangan yang dilakukan diharapkan dapat memberikan kontribusi lebih besar lagi dari pencapaian sasaran atau target tahunan yang ditetapkan, terutama program KB serta pembinaan terhadap peserta KB aktif. Sebab, pengendalian pertumbuhan penduduk dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Menurut Akhyar, jumlah penduduk yang besar di samping bisa menjadi faktor produksi sumber daya manusia yang handal (bonus demografi), juga dapat menjadi beban demografi (beban sosial) yang berat dalam pembangunan. Oleh karenanya upaya yang telah dilakukan dan terus dilakukan dalam mengendalikan pertumbuhan penduduk salah satunya melalui program pencanangan TNI Manunggal KB Kesehatan Kota Medan.

Berdasarkan besarnya manfaat dari kegiatan pencanangan TNI Manunggal KB Kesehatan Kota Medan ini, Akhyar mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan TNI yang bertugas sekaligus melaksanakan pembinaan teritorial di wilayah Kota Medan. "Saudara-saudara sekalian pasti memiliki tekad yang begitu kuat untuk menjadikan program ini sebagai agenda prioritas kerja. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih," kata Akhyar.

Selanjutnya Akhyar berharap kegitan ini dapat terus diselenggarakan dengan nyata, berkesinambungan dan partisipatif. Sebab, Akhyar tidak ingin kegiatan ini bersifat seremonial  maupun slogan saja. Mantan anggota DPRD Medan ini ingin kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa kesadaran masyarakat untuk ikut dan peduli terhadap pengendalian laju pertumbuhan penduduk, terutama dalam membentuk keluarga kecil bahagia dan sejahtera.

"Program ini merupakan salah satu langkah efektif dalam memberhasilkan program KB Nasional secvara bekerlanjutan, terutama di Kota Medan. Untuk itu saya minta kepada SKPD terkait agar ikut berperan aktif dalam program ini secara terkoordinasi," ungkapnya.

Sementara itu Dandim 0201/BS,  Kol Inf Maulana Ridwan menjelaskan, program KB Kesehatan ini merupakan salah satu kunci keberhasilan pembangunan manusia Indonesia seutuhnya. Sebab, apabila program KB Kesehatan tidak berhasil tentunya akan sulit menata kehidupan selanjutnya.

Di samping itu lajut Maulana,  pertumbuhan penduduk akan menjadi potensi ancaman nasional apabila tidak diimbangi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kegiatan yang dilakukan ini merupakan program liontas sektoral yang dilaksanakan terpadu antara unsur TNI, Pemko Medan dan BKKBN yang mempunyai komitmen kuat untuk peduli pada masalah kesehatan masyarakat di wilayah Kota Medan, sehingga dapat menunjang kelanjutan pembangunan nasional.

"Jadi saya menilai sangat tepat jika kegiatan ini mengambil tema, "Melalui Kerjasama Pemko Medan dengan Kodim 0201/BS, Kita Tingkatkan Kinerja dan Partisipasi Masyarakat Untuk Mempercepat Pencapaian Sasaran Pembangunan Kependudukan dan KB tahun 2016"," ujar Dandim.

Sebelumnya, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kota Medan, Muslim S.Sos MSP melaporkan, pelaksanaan TNI Manunggal KB Kesehatan Terpadu Kota Medan ini dimulai bulai Mei sapai Oktober 2016 di 21 kecamatan se-Kota Medan. Sedangkan pencanangannya dilakukan di RS AL Komang Makes Kelurahan Belawan I, kecamatan Medan  Belawan.

Dalam pencanangan ini, jelas Muslim, dilaksanakan sejumlah kegiatan seperti pelayanan KB gratis bagi masyarakat, terutama dari keluarga prasejahtera dan keluarga sejahtera 1 sebanyak 500 500 calon akseptor. Kemudian pelayanan kesehatan dasar (kolesterol dan asam urat), pemeriksaan/pengobatan mata sekaliguas pemberian kacamata dari RS. SMEC Kota Medan.

"Di samping itu digelar donor darah, papsmear sebanyak 250 orang , penyerahan alat kesehatan IUD KIT kepada rumah sakit, klinik dan bidan sebanyak 10 unit. Serta pemberian bantuan bagi peserta KB MKJP," papar Muslim.

Seluruh rangkaian kegiatan ini, kata Muslim, diukung penuh Kesdam I/BB, Pemko medan, Kodim 0201/BS, TP PKK Kota medan, BKKBN Sumut, Dinas Kesehatan kota Medan, RS Murni Teguh, PMI Kota Medan, RS Mata SMEC Medan dan Yayasan Surya Kebenaran Indonesia. (Net)

Leave A Reply