Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

Terkini


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

INTAIKASUS.COM - Ratusan peserta yang terdiri dari pelajar, anggota TNI dan Polri serta Aparatur Sipil Negara dari sejumlah instansi di lingkup Pemprov Sumatera Utara dan Pemerintah Kota Medan mengikuti pawai obor di jalan Diponegoro, Selasa (16/8/2016) malam.

Kegiatan pawai obor tersebut dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI yang jatuh pada tanggal 17 Agustus. Pawai obor, ini menjadi simbol semangat pejuang angkatan 45 yang telah mengorbankan jiwa dan raganya untuk merebut kemerdekaan Republik Indonesia.

"Upacara Taptu dan pawai obor merupakan bagian peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia untuk mengingat kembali perjuangan para pahlawan nasional dalam merebut kemerdekaan RI. Ini juga sebagai salah satu cara untuk mengobarkan jiwa patriotisme generasi muda," ujar  Gubsu H T Erry Nuradi.

Sebelum pawai digelar, para peserta mengikuti upacara Taptu di depan Kantor Gubernur Sumut yang dihadiri oleh Gubernur Sumatera Utara H T Erry Nuradi beserta unsur DKPD Prov Sumut. Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung.

Upacara diawali dengan penyalaan obor oleh Ispektur Upacara Pangdam I/BB sebagai tanda dimulainya pawai sekaligus melepas rombongan Taptu. Taptu yang diikuti oleh TNI AD, TNI AL, TNI AU dan Polri serta usur sipil dan pelajar tersebut ditutup di Taman Makam Pahlawan Jalan Sisingamanharaja Medan.

Usai penyalaan obor oleh Inspektur, para peserta pawai yang berasal dari pelajar, pramuka, Satpol PP, Polri dan TNI yang diikuti parade drumband berjalan hingga ke Taman Makam Pahlawan di Jalan Sisingamangaraja Medan. Selanjutnya, tepat pukul 24.00  peserta pawai mengikuti apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan Bukit Barisan dengan inspektur Upacara Kapolda Sumut Irjen Pol Raden Budi Winarso.

Tampak warga masyarakat ikut menyaksikan jalannya pawai obor hingga memadati ruas jalan Diponegoro yang khusus malam itu ditutup untuk lalulintas kendaraan umum. (Rb)

Leave A Reply