Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

Terkini


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

INTAIKASUS.COM  Dalam Rangka Kesiapan Pengamanan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, Polda Sumatera Utara dan Jajarannya dengan didukung TNI, Mitra Kamtibmas menyelenggarakan kegiatan Operasi Kepolisian Terpusat dengan Sandi Operasi "Lilin Toba- 2017".

Operasi ini akan dilaksanakan selama 10 hari dengan mengedepankan Satgas Turbinjali, Satgas Kamseltibcar Lantas dan Satgas Lidik Sidik didukung Satgas Banops dalam rangka Pengamanan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 guna mewujudkan situasi Kamtibmas dan Kamseltibcarlantas yang kondusif sehingga masyarakat di Wilayah Provinsi Sumut dapat merayakan dengan rasa aman dan nyaman.

Kabid Humas Poldasu melalui Kasubbid Penmas AKBP MP Nainggolan mengatakan, operasi Lilin Toba-2017 yang dilaksanakan mulai tanggal 23 Desember 2017 s/d 1 Januari 2018. 

" Rencananya gelar pasukan akan dilaksanakan Kamis tanggal 21 Desember 2017," ujarnya.

Operasi Lilin Toba-2017 lanjut Nainggolan, bertujuan untuk terjaminnya rasa aman warga masyarakat dalam merayakan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, terwujudnya situasi dan kondisi Kamtibmas yang aman, kondusif dan terkendali sebelum, pada saat dan paska Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.
" Sasarannya meliputi segala bentuk Potensi Gangguan (PG), Ambang Gangguan (AG) dan Gangguan Nyata (GN) baik sebelum, pada saat maupun pasca Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, dengan daerah operasi meliputi seluruh Wilayah Prov. Sumatera Utara," ujarnya.

Perwira berpangkat dua melati emas ini juga menambahkan, dalam Operasi Lilin Toba Polda Sumut melibatkan personil sebanyak 7.740 personil (Satgas Polda 593 Personil, Satgas Wilayah 7.147 Personil) sedangkan dari Instansi yang dilibatkan TNI 334 personil, Pemadam Kebakaran 280 personil, Dinas PU 130 personil, Sat Pol PP 440 personil, Dinas Perhubungan 550 personil, Dinas Kesehatan 60 personil dan Pramuka 220 personil.

" Target Operasi meliputi Gereja dan tempat lain yang digunakan untuk Perayaan Natal, pusat- pusat perbelanjaan/ Mall / Pasar / Supermarket, Perbankan (tempat lain yang berkaitan dengan transaksi keuangan, Pegadaian, Money Changer dan lain-lain), pemukiman warga, tempat rekreasi/wisata/mudik, terminal bus/laut dan udara dan obyek pergantian Tahun Baru, tempat rawan kriminalitas/Rusmas/ perkelahian kelompok antar kampung dan rawan teror di kota- kota besar di Sumut," ujarnya.

Menurutnya, Polda Sumut dalam rangka operasi tersebut melibatkan giat intelijen dengan tindakan lidik, pamgal dengan langkah- langkah deteksi, identifikasi dan penilaian guna memperoleh baket tentang faktor- faktor yang dapat pengaruhi terjadinya Guankamtibmas pada perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

" Melaksanakan Pam di tempat Ibadah (gereja) dan lokasi wisata/rekreasi, melaksanakan giat Kamseltibcar Lantas, melaksanakan gakkum terhadap segala bentuk tindak pidana, menyiapkan Pospam 103 lokasi dan Posyan 32 lokasi ditempat- tempat Ibadah, lokasi keramaian umum, pusat perbelanjaan dan tempat wisata/ rekreasi maupun jalur mudik/ balik," ujarnya.

Nainggolan juga mengatakan bahwa dukungan anggaran dalam Operasi Lilin Toba-2017 menggunakan Dipa Biroops Ta 2017, sedangkan untuk Polres/ tabes menggunakan anggaran yang bersumber dari Dipa Satwil masing- masing. (Rel)
Leave A Reply