Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

Terkini


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

INTAIKASUS.COM - (Sunggal), Babinsa Koramil 01/Sunggal, Kodim 0204/Deliserdang, Serka Suriyadi melakukan pembersihan rumput liar di lahan jagung seluas 13 rante milik petani bernama Suroso di Desa Lalang, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deliserdang, Kamis (7/6/2018).

" Pembersihan rumput liar atau gulma pada tanaman jagung berumur 2 bulan ini kita lakukan secara bahu membahu, sehingga pekerjaan yang tadinya cukup terasa berat, menjadi lebih ringan," ucap Serka Suriyadi.

Dijelaskan Serka Suriyadi, sebelum jagung ditanam, lahan perlu dibersihkan dari gulma dan tanaman liar. Gulma seperti alang-alang, rumput teki, semak dan pohon perdu disiangi sampai ke akar akarnya.

" Gulma dibakar, dan abunya ditaburkan ke lahan sebagai kompos untuk kesuburan tanah. Gulma jangan dikubur, karena dikawatirkan akan memunculkan hama seperti rayap dan semut," terangnya.

Selain itu, lanjut Serka Suriyadi, alang-alang dan rumput teki bisa tumbuh kembali apabila hanya dikubur di dalam tanah. Selain gulma, pohon perdu yang tumbuh di sekitar lahan akan berpotensi menghalangi masuknya sinar matahari, sehingga bisa mempengaruhi pertumbuhan tanaman jagung. (Penrem 022/Rel)
Leave A Reply