Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

Terkini


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

INTAIKASUS.COM - (Binjai Utara), Babinsa Koramil 16/Binjai Utara, Kodim 0203/Langkat, Serda Ramli ikut membantu mengusir hama burung yang menyerang di lahan padi seluas 18 rante milik Rusdianto di Desa Sendang Rejo, Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat, Selasa (3/7/2018).

"Pendampingan dalam mengusir hama burung yang menyerang tanaman bertujuan untuk mengurangi keresahan petani, sehingga petani bisa lebih fokus untuk merawat tanamannya," kata Serda Ramli.

Diutarakan Serda Ramli, serangan hama burung yang berasal dari hutan, biasanya terjadi di waktu pagi dan sore pada tanaman yang memasuki masa panen.

"Karenanya kondisi ini harus cepat diantisipasi. Salah satunya dengan membuat alat pengusir hama burung, di samping melakukan penjagaan," jelasnya.

Adapun alat yang dibuat untuk mengusir hama burung, antara lain berupa orang-orangan, hotor-hotor yakni suatu benda bunyian terbuat dari kaleng dengan menggunakan tali, plastik kresek dan lainnya.

Meski sudah dibuatkan alat pengusir, tetap saja tanaman padi yang akan panen harus dijaga setiap hari. Tidak bisa hanya mengandalkan orang-orang dan hotor-hotor. Sebab, hama burung ini susah diusir, jadi harus dijaga ketat setiap harinya, kalau tidak bisa habis biji tanaman dimakan," ungkapnya.

Di tempat terpisah, Danramil 16/Binjai Utara, Lettu Inf ST Manihuruk menambahkan, pendampinga Babinsa dalam mengusir hama burung merupakan tindak lanjut dari keresahan petani selama ini.

"Selama ini, petani di Kelurahan Binjai Utara acap kali resah oleh serangan hama burung jenis Pipit (Siseret) dan sejenisnya. Burung-burung ini kerap menyerang bulir padi yang baru keluar, sehingga menyebabkan padi menjadi kosong," ungkap Danramil.

Sementara itu, Rusdianto mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Babinsa yang sudi membantu tanpa berharap apa-apa. "Mudah-mudahan bantuan Babinsa ini bisa menghindari gagal panen di lahan milik saya ini, dan semoga bantuan Babinsa mendapat balasan berlipat ganda dari Allah SWT," katanya. (Penrem 022/Rel)
Leave A Reply