Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

Terkini


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

INTAIKASUS.COM, (Pantai Cermin) - Komandan Koramil (Danramil) 08/Pantai Cermin, Kodim 0204/Deliserdang, Kapten Inf Samson bersama unsur Muspika melakukan normalisasi saluran limbah milik PTPN 4 Adolina di Desa Cilawan, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Deliserdang, Sabtu (17/11/2018).

Kegiatan yang ikut melibatkan pihak PTPN 4 Adolina ini dimaksudkan untuk mengantisipasi banjir di Desa Cilawan akibat luapan air karena sedimentasi (pendangkalan) pada saluran limbah.

Menurut Kepala Desa Cilawan, normalisasi saluran limbah PTPN IV Adolina ini dilakukan sepanjang kurang lebih 3 kilometer. Pengerjaan dimulai dari Desa Cilawan, Kecamatan Pantai Cermin dengan melibatkan 50 orang, terdiri dari prajurit TNI AD dari Koramil 08/Pantai Cermin, unsur Muspika, warga Desa Cilawan, dan karyawan PTPN 4 Adolina.

Dijelaskan Kapten Inf Samson, normalisasi dilakukan karena selama musim penghujan, saluran limbah ini sering luber yang kemudian membanjiri areal sawah petani di sekitarnya.

Penyebab lubernya saluran limbah karena air mengalir tidak lancar, sehingga saat hujan turun cukup deras dalam waktu lama, lahan pertanian warga pun ikut kebanjiran.

"Limbah ini berasal pembuangan PTPN IV Adolina, sehingga dikoordinasikan supaya dilaksanakan menormalisasikan saluran pembuangan limbahnya," ungkap Kapten Samson.

Diterangkan Kapten Samson lagi, pengerjaan normalisasi ini telah dilakukan sejak dua hari lalu dan diperkirakan rampung hari ini. Normalisasi dilakukan dengan mengeruk saluran menggunakan dua buah eskavator.

"Mudah-mudahan normalisasi ini membuat saluran menjadi normal. Sehingga, lahan pertanian warga tidak tergenang lagi saat musim hujan. Selama ini petani kerap merugi karena gagal panen," pungkasnya. (Penrem 022/PT)
Leave A Reply