Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

Terkini


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

 INTAIKASUS.COM, (Pakpak Bharat) - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 07/Salak Kodim 0206/Dairi, Serda H.Manik bersama Bhabinkamtibmas Bripka B.Cibro ikut mendampingi petugas tim tracer dari Puskesmas Salak, Mereka melaksanakan pelacakan kontak erat atau disebut Tracing Contact dari warga yang terkonfirmasi positif Covid-19, di Dusun I, Desa Salak II, Kecamatan Salak, Kabupaten Pakpak Bharat, Selasa (21/09/2021).

Penelusuran atau pelacakan kontak adalah proses pencarian dan identifikasi warga masyarakat yang pernah menjalin Kontak Erat dengan warga terkonfirmasi Covid-19. Kegiatan tersebut bertujuan melakukan deteksi lebih dini kontak erat kasus Konfirmasi yang didapatkan. Kontak erat kasus konfirmasi dilakukan tracing kontak, untuk mengetahui apakah orang yang sudah terpapar virus/tidak. Apabila hasilnya reaktif langsung di lakukan swab dan bila non reaktif, tetap lakukan pemantauan dan karantina mandiri selama 14 hari.

Babinsa Serda H.Manik mengatakan bahwa,  pendampingan ini merupakan tugas dan tanggung jawab pihaknya sebagai aparat Teritorial dan sebagai bagian dari tim tracer untuk penanganan Covid-19.

“Kami harus bekerja cepat dikala ada pasien suspeck atau terkonfirmasi positif Covid-19, segera ditelusuri riwayat kontak eratnya dengan pasien sehingga dapat mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 di wilayah binaan kami. Melalui cara ini kita bisa tahu siapa saja yang sudah bertemu dan kontak langsung dengan warga terpapar Covid-19. Selain itu juga memudahkan petugas kesehatan untuk mengambil tindakan lebih lanjut,” jelas Babinsa.

Oleh karena itu, masyarakat diharapkan bisa kooperatif dan mendukung pelaksanaan tugas Tim Tracer Contact dalam upaya memutus mata rantai penularan Covid-19, ini merupakan tanggung jawab kita bersama.

“Kepada warga yang terkonfirmasi maupun melakukan kontak erat, diimbau untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari dan akan di cek perkembangannya setiap hari oleh petugas Kesehatan dan di pantau oleh Babinsa, Bhabinkamtibmas bersama Posko PPKM yang ada di Desa. Selain itu kami juga memberikan edukasi kepada warga untuk tetap mematuhi Protokol Kesehatan, sebagai upaya pencegahan dari penularan virus tersebut,” tutup Serda H.Manik. (Penrem 023)
Leave A Reply