Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

Terkini


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

 



SIDIKALANG, IK - Anggota Staf Teritorial Sertu T. Widodo melaksanakan Pembinaan Latihan PBB diikuti oleh 78 dari siswa/siswi Kelas IX SMPN 1 Sidikalang yang berkeinginan masuk SMA Taruna Nusantara, bertempat di lapangan Utama SMPN 1 Sidikalang.


Kepala Sekolah SMP N 1 Hotnida Lubis, S.Pd menyampaikan, “Latihan PBB ini guna memantapkan karakter bangsa dan pendidikan pendahuluan bela negara, agar para siswa mengerti tujuan latihan ini untuk menanamkan rasa tanggungjawab, cinta tanah air, pengamalan Pancasila dan UUD 45. Dengan cara ini diharapkan mereka akan makin mampu meningkatkan rasa nasionalisme, serta memiliki jiwa korsa, persatuan dan kesatuan dalam mendukung tugas sekolah,"  ujar Kepala Sekolah SMPN 1 Sidikalang. 

Latihan yang diberikan Sertu  T. Widodo itu berupa latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB), Peraturan Penghormatan dan Dasar-dasar Kedisiplinan serta latihan tata upacara bendera. 

Selain itu, Sertu T. Widodo  juga mengisi mereka dengan pembekalan nilai-nilai pengamalan Pancasila dan sejarah perjuangan bangsa. 
Dalam materi praktek, diawali dengan memberikan contoh gerakan agar dapat dilihat dan diikuti oleh seluruh siswa.
 
“Selanjutnya kami beri instruksi dan menilai gerakannya, jika masih salah akan kita koreksi dan diulangi lagi sampai benar,” kata Sertu T. Widodo.
 
Para siswa pun terlihat antusiasme dengan pelatihan yang diberikan oleh Sertu T.Widodo Saat pemberian teori mereka memperhatikan dengan seksama apa yang dijelaskan oleh Sertu T. Widodo dan juga pada saat praktek mereka pun terlihat penuh bersemangat mengikuti gerakan demi gerakan yang dilatihkan.
 
Perwira Seksi Teritorial Letnan Dua Inf J. Maibang mengungkapkan bahwa,  kegiatan ini merupakan salah satu wujud nyata Pembinaan Teritorial (Binter) bagi Satuan Komando Kewilayahan (Satwil) terhadap masyarakat binaan Kodim 0206/Dairi, termasuk para siswa dan siswi diwilayah binaan Teritorial. 

Ia menambahkan, disamping mengajar di kelas juga memberikan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan juga latihan Peraturan Baris-Berbaris (PBB) dan Pelatihan Kesegaran Jasmani kesemaptaan.

"Sebagai generasi penerus bangsa harus punya semangat didalam belajar dan berlatih untuk meraih cita-cita mereka agar punya kepribadian, kedisiplinan, karakter dan mental yang bagus. Imbuh Letnan Dua Inf  J. Maibang. (Penrem023)
 
Leave A Reply