Select Menu

Slider

Travel

Performance

Cute

My Place

Liputan Khusus

Racing

Videos

» » DANRAMIL 03/PARONGIL, HADIRI PENILAIAN LOMBA DESA TINGKAT PROVSU TA. 2021
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Views


INTAIKASUS.COM, (Parongil) - Komandan Koramil (Danramil) 03/Parongil, Kodim 0206/Dairi Kapten Inf T. Aritonang yang diwakili Babinsa Serda Jhon Very Tinambunan menghadiri kegiatan penilaian lomba Desa/Kelurahan tingkat Provinsi Sumatra Utara tahun 2021 di Desa Bakkal Gajah, Kec. Silima Pungga Pungga, Kab. Dairi.

Kegiatan yang digelar pada Kamis siang (17/06/2021), dihalaman SD Inpres No 034808 dengan mengambil tema “Melalui lomba Desa tingkat Provinsi Sumatera Utara kita wujudkan kemandirian Desa dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat menuju Dairi untuk rakyat yang berdaya saing, mandiri, sehat dan sejahtera”.

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekda Kabupaten.Dairi Leonardus Sihotang, didampingi Ibu Ketua TP-PKK Kabupaten Dairi Ny.Romi Edi Kelleng Ate Berutu, Kadis Pemdes Kab.Dairi Drs.Junihardo Siregar, Ketua Tim Penilai Provinsi dan rombongan Bayu Tampubolon, Camat Silima Pungga Pungga Horas Pardede, Bhabinkamtibmas Polsek Parongil, Kepala UPT Puskesmas Bakkal gajah Dr Dewi Sihaloho, Kepala UPT Dinas pendidikan, Kepala Desa Se-Kec. Silima Pungga Pungga, Ketua BPD Desa Bakkal Gajah, Ketua LPM Desa Bakkal Gajah dan Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda Desa Bakkal Gajah.

Kepala Desa Bakkal Gajah Humitar Sitorus menyampaikan bahwa, Desa Bakkal Gajah Kec. Silima Pungga Pungga sudah mempunyai Bumdes dan semenjak berdirinya Bumdes ini sudah banyak menghasilkan dan menumbuhkan usaha usaha ekanomi seperti peternakan ayam, penjualan Gas elfigi walaupun jauh melalui Bumdes bisa seharga 20/Tabung, di empat tahun terakhir ini menurut catatan kriminal di kepolisian Desa Bakkal Gajah Nol Kriminal, dan dimasa Pandemi ini masyarakat Desa Bakkal Gajah belum ada yang terkonfirm covid 19 sampai dengan sekarang. Desa Bakkal Gajah ditetapkan sebagai desa terbaik dan juara ditingkat Kabupaten Dairi beberapa waktu yang lalu, dan kini mewakili Kabupaten Dairi.

“Penilaian perlombaan Desa di Desa Bakkal Gajah mengandung makna tersendiri, karena dapat memberi motivasi dan memacu semangat bagi perangkat Desa, lembaga Desa dan masyarakat untuk berlomba dan bersaing secara sportif dalam membangun Desa dan membenahi administrasi pemerintah Desa,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Dairi melalui Bapak Sekda Kabupaten.Dairi Leonardus Sihotang, merasa yakin bahwa Desa Bakkal Gajah dapat memenuhi penilaian dalam lomba Desa berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Utara, Sebab Desa Bakkal Gajah memberikan contoh nyata dalam mengembangkan segala potensi dan kreativitas warga Desanya.

Ia juga berpesan kepada seluruh Kades agar mempergunakan dana Desa untuk kegiatan pemberdayaan Desa secara optimal, karena dimasa Pandemi ini anggaran Dana Desa tahun 2021 di fokuskan untuk pemulihan ekonomi nasional (PEN) sesuai kewenangan desa serta adaptasi kebiasaan baru yaitu Desa Aman Covid-19 dan Pemanfaatan Dana Desa dalam pandemi Covid-19 ini diarahkan ke Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa. 

Sedangkan Tim Penilai dari Prov. Sumatera Utara melakukan penilaian dari berbagai unsur meliputi bidang kelengkapan administrasi Desa, pendidikan, kesehatan masyarakat, partisipasi masyarakat, BUMDES atau ekonomi kerakyatan, keamanan ketertiban, PKK serta produk-produk unggulan Desa Bakkal Gajah.

Dengan harapan semoga, acara ini memberi manfaat besar bagi Desa Bakkal Gajah, dalam upaya mendorong dan menggalakan peran aktif masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan pertumbuhan ekonomi pedesaan. (R-03)

Views
Share artikel ke: FACEBOOK{-----*Klikdisini

About Intaikasus

Situs Berita Online---www.intaiKASUS.com---Lugas,Kreatif&Terpercaya---Ph:0888-7614-075.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply